Pembukaan Pelatihan Jabatan Fungsional Apoteker (Pengangkatan Pertama) Angkatan III Tahun 2023

Samarinda – Jumat 23 Juni 2023 telah terselenggara pembukaan Pelatihan Jabatan Fungsional Apoteker (Pengangkatan Pertama) Angkatan III dengan metode distance learning di UPTD Bapelkes Provinsi Kalimantan Timur.

Dalam sambutannya PLH Kepala Bapelkes Kaltim, Setyo Budi Basuki, S.K.M., M.Kes., menyampaikan bahwa Indonesia saat ini menghadapi masalah yang kompleks di mana penyakit infeksi masih tinggi dan penyakit tidak menular juga semakin meningkat. Diperlukan upaya perbaikan gizi, termasuk upaya pengendalian penyakit-penyakit.

Pada kondisi ini, jabatan fungsional apoteker bertugas sebagai supporting dalam peningkatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Seorang apoteker harus bisa menjadi komunikator kepada pasien, agar proses penyembuhan penyakit dapat optimal dengan memberikan edukasi tentang obat kepada masyarakat.

Selanjutnya beliau juga menekankan bahwa pelayanan kesehatan yang ada ditatanan pelayanan, harus bermutu. Seorang Apoteker harus memiliki kompetensi yang memadai. Oleh sebab itu, semua peserta diharapkan dapat mengikuti proses pelatihan dengan seksama, termasuk penguasaan kompetensi-kompetensi yang wajib dilakukan sehingga nantinya mampu menjalankan tupoksinya sesuai amanah PermenPAN RB.

Sementara itu Titing Qomaryati, S.E., M.Si., yang bertindak sebagai ketua panitia berharap agar setelah mengikuti pelatihan, semua peserta dapat melakukan kegiatan bidang apoteker sesuai Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi Nomor 13 Tahun 2021.

Peserta Pelatihan Jabatan Fungsional Apoteker (Pengangkatan Pertama) Angkatan III diikuti oleh 30 orang peserta yang berasal dari berbagai Kabupaten dan Kota di Indonesia, diantaranya Bekasi, Pandeglang, Lombok Timur, Semarang, Kepulauan Aru Malaka, Pekalongan, Sarolangun, dan Bondowoso dengan alokasi waktu sebanyak 63 JPL yang dilaksanakan selama 7 hari efektif mulai tanggal 23 Juni sampai dengan 1 juli 2023 secara full daring