Berikan Pelayanan dengan TULUS

Samarinda – Komunikasi yang efektif merupakan aspek penting dari sebuah pelayanan. Komunikasi bukan hanya tentang pesan yang ingin disampaikan, akan tetapi dampak apa yang akan terjadi ketika pesan itu telah tersampaikan.

UPTD Bapelkes Prov. Kaltim selain sebagai instansi penyelenggara pelatihan, juga sebagai instansi yang memiliki aset retribusi berupa penyewaan kelas, mess, asrama, dan peralatan pendukungnya. Pelatihan yang bertemakan “Service Excellent” merupakan pilihan yang tepat untuk mengupgrade pengetahuan serta skill yang diperlukan pegawai yang berada di bidang pelayanan.

Pada Sabtu (17/09), UPTD Bapelkes Prov. Kaltim bekerjasama dengan Wadah Ulun menyelenggarakan Inhouse Training “Smart Communication for Service Excellent”. Tujuannya tentu saja agar pengelola ruangan dapat berkomunikasi serta memberikan pelayanan prima kepada publik.

Materi disampaikan oleh Ryan Widiyanto yang membahas tentang teknik berkomunikasi yang baik, sikap tubuh kepada lawan bicara, serta standar yang harus dilakukan saat melayani seseorang. Dari penjelasan yang disampaikan, terdapat sebuah kalimat yang perlu dilakukan dalam melayani seseorang yaitu “𝗣𝗲𝗿𝗶𝗹𝗮𝗸𝘂𝗸𝗮𝗻𝗹𝗮𝗵 𝘀𝗲𝘀𝗲𝗼𝗿𝗮𝗻𝗴 𝘀𝗲𝗯𝗮𝗴𝗮𝗶𝗺𝗮𝗻𝗮 𝗶𝗮 𝗶𝗻𝗴𝗶𝗻 𝗱𝗶𝗽𝗲𝗿𝗹𝗮𝗸𝘂𝗸𝗮𝗻”. Karena tidak semua orang ingin dilayani/diperlakukan sesuai SOP. Ryan juga berpesan agar 𝗹𝗮𝘆𝗮𝗻𝗶𝗹𝗮𝗵 𝘀𝗲𝘀𝗲𝗼𝗿𝗮𝗻𝗴 𝗱𝗲𝗻𝗴𝗮𝗻 𝘁𝘂𝗹𝘂𝘀 𝗶𝗸𝗵𝗹𝗮𝘀.

Inhouse Training berlangsung di Hotel Horison Samarinda selama 1 hari. Diikuti oleh 26 pegawai Non PNS yang merupakan pengelola ruangan, resepsionis, dan tenaga administrasi. Hadir pula Kepala Bapelkes, Sri Sedono Iswandi, SKM, M.Kes dan Kepala Sub Bag. Tata Usaha, Titing Qomaryati, S.E., M.Si. yang memantau jalannya training.